Fadhial Hari Jum'at





Hari jumat Sekali lagi bukan hari yang sial. Dari Abu HurairahRadhiyallahu 'anhu, bahwasanya Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam,bersabda:
"Sebaik-baik hari adalah hari Jum'at, pada hari itu Nabi Adam 'AlaihiWasallam diciptakan, pada hari itu dia dimasukkan ke sorga, pada hariitu dia dikeluarkan dari surga, dan hari qiamat tidak akan terjadikecuali pada hari Jum'at. (HR. Muslim no. 854, dan yang lainnya).

Dalam "al-Musnad" dari hadits Abu Lubabah bin Abdul Munzir, dari Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam, Beliau bersabda:
"Penghulunya hari adalah hari Jum'at, ia adalah hari yang paling utamadisisi Allah Subhanahu Wata'ala, lebih agung disisi Allah SubhanahuWata'ala dari pada hari Idul Fitri dan Idul Adha, pada hari Jum'attersebut terdapat lima keistimewaan:

* Nabi Adam 'Alaihissalam diciptakan,
* Nabi Adam 'Alaihissalam diturunkan ke dunia,
* Nabi Adam 'Alaihissalam diwafatkan,
* Padahari itu terdapat suatu waktu, tidaklah seorang hamba meminta kepadaAllah pada saat tersebut melainkan pasti akan dikabulkan oleh AllahSubhanahu Wata'ala, selama yang diminta bukan yang haram,
* Pada hari itu akan terjadi kiamat,
* Tidakada satupun dari malaikat, bumi, angin, laut, gunung maupun pepohonankecuali mereka takut pada hari Jum'at. (HR. Ahmad dalam al-musnad,3/430, Ibnu majah 1084, sedangkan syekh Al-bany mendha'ifkannya dalamDha'iiful jaami', 3317, dan Ar-nauuth juga menghasankannya).

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam, sangat memuliakan hari ini,menghormatinya, dan mengkhususkannya untuk beribadah dibandingkanhari-hari lainnya.



Hari Jumat memiliki banyak keutamaan bagi umat islam. Keistimewaan hari Jumat dibandingkan hari-hari lainnya adalah:

1. Alloh SWT mewajibkan ibadah shalat Jumat kepada laki-laki Mukmin Muslim.
2. Alloh SWT telah memberikan Rahmat dan Ampunan-Nya kepada Nabi Adam AS.


Rosululloh SAW menjelaskan fadilah hari Jumat, diantaranya :

1. Apabila seorang Muslim berdoa dan memohon suatu Kebaikankepada Alloh SWT pada hari Jumat, maka Alloh SWT Memberikan apa yangdia minta.
2. Apabila Hamba-hamba Alloh SWT Selamat pada hari Jumat, maka Selamatlah mereka pada hari-hari yang lain.
3. Sesungguhnya Alloh SWT Menjadikan hari Jumat sebagai hari raya mingguan bagi kaum Muslimin.
4. Apabilaseorang Muslim meninggal pada hari atau malam Jumat, maka Alloh SWTMemberikan Pahala syahid dan Menjaganya dari azab kubur.
5. Pada hari Jumat, Alloh SWT Memerdekakan 600.000 orang dari siksa api neraka.


Dengan keutamaan-keutamaan yang dimiliki hari Jumat, makaRosululloh SAW mengajak umat islam untuk memperbanyak ibadah (membacaAl-Quran, berzikir, berdoa, dan lain-lain) pada malam dan hari Jumat.Setiap Muslim diperintahkan untuk mandi, berpakaian terbaik, danmenggunakan wewangian ketika melaksanakan shalat Jumat.
Sumber: AL-MAJMUUS SARIFUL KAMIL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger